6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Terus



6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Terus-Jika Setatus Printer Offline maka besar kemungkina ada masalah dalam jaringan antara monitor ( computer ) dengan printer. Offline artinya printer ready tapi tidak bisa ngeprint atau printer sobat tidak terhubung dengan listrik, monitor, dan printer tidak bisa merespon  ( printer Not Responding )untuk menerima tugas dari computer untuk nge-print atau mencetak dokumen , foto dan gambar.

6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Terus 


Seperti yang sobat ketahui printer pada saat sekarang sudah menjadi kebutuhan terutama untuk instansi, universitas, toko percetakan bahkan mahasiswa. Karena fungsi dan kegunaanya yang semakain dibutuhkan. Akan tetapi bagai mana jika printer sobat tidak bisa bekerja dan terjadi error kbahkan offline saat digunakan.

Kenapa Printer offline Terus ??

Jika sobat memiliki printer dirumah, perlu sobat ketahui 6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Tidak Merespon dibawah ini :

1. Printer yang tidak kompatibal
 
Sebenarnya masalah ini jarang sekali terjadi, tapi bisa saja terjadi pada beberapa type / merek printer. Kadanag ada merek / type printer yang tidak kompatibel ataupun sering sekali mengalami masalah jika dihubungkan dengan monitor / PC ( computer ) jenis tertentu.
Ketika akan diinstal memang printer akan menyala, printer terdeteksi atau printer ready tapi tidak bisa ngeprint. Namun masalah kompatibel dapat menggangu kinerja printer, mulai dari hasil cetakan yang kurang bagus. Dan sering terdeteksi printer menjadi offline bahkan tidak bisa merespon.

Langkah yang paling penting yang harus dilakukan adalah priksalah kompatibilitas dari printer yang akan digunakan dengan computer ( PC ) atau laptop sobat. Pastikan keduanya bisa bekerja sama dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan masalah yang menyulitkan seperti printer yang offline.

2. Driver printer belum terinstal sempurna / dengan baik

Printer sama seperti perangkat keras computer/ PC lainnya membutuhkan softwere untuk dapat beroperasi didalam sebuah computer atau laptop. Softwere tersebut kita kenal dengan driver. Terkadanag driver printer sudah dalam satu paket dalam pembeliaan printer dan tinggal hanya diinstal.
Jika sobat membeli printer shaken dan driver tidak ada. Sobat tinggal mengunjungi situs perusahaan / produk merek printer yang sobat beli. Tapi yang perlu diingat pastikan sobat mendwonload driver seperti merek / type printer yang sobat miliki.

Karena printer offline sering terjadi ketika pengguna ( user ) Saat akan menginstal sering kali terjadi masalah. Seperti printer tidak bisa merespon dan kesalahan driver bahkan kesalahan saat menginstal driver yang tisak baik atau sempurna. Maka akan muncul beberapa masalah atau gejala seperti printer offline, printer tidak bisa merespon dan cetakan yang kurang bagus.

Cara mengatasi maslah printer tidak bisa merespon ini adalah dengan sobat memiliki buku panduan dalam menginstal driver printer supanya tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan masalah offline pada printer.

3. Kabel power printer ada masalah / Loss Power


Kadanag masalah offline pada printer terjadi ketika Loss Power alias masalah pada kabel power printer. Masalah ini bianya terjadi pada printer yang sudah bau timbangan ( kiloan ). Loss power terjadi ketika printer sudah using dan sering terjepit sehingga power dan tenaga listriknya yang seharunya mengaliri printer menjadi tidak ada. Dan menyebabkan printer menjadi offline.

Untuk Mengatasi Masalah Kabel power printer ada masalah / Loss Power adalah degan cara mengganti kabel power pada printer sobat dengan kabel yang baru dan pastikan yang original.

4. Kertas atau tinta habis / kosong

Kadang juga penyebab printer offline adalah Karena kertas dan tinta pada catridge sudah mau habis yang mengakibatkan printer tidak bisa mencetak tulisan dan  biasanya maslaha ini akan diberitahukan melalui pop up computer / PC bahwa Printer sedang offline.

Solusi jitu mengatasi printer tidak bisa mencetak tulisan adalah selalu menyediakan tinta cadangan untuk printer dan kertas . terutama ketika sobat mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Dan selalu menggunakan tinta catridge yang original supanya hasil cetakan tulisan optimal.

5. Printer terlalu banyak menerima cetakan

Terkadang kondisi printer offline diakibatkan oleh beban kerja yang terlalu banyak atau ketika mencetak printer tidak pernah diistirahatkan. Ini mengakibatkan printer kelelahan dan lama kelamaan mengakibatkan printer jadi offline.

6. Kerusakan Pada Hadware Printer
Jika direnungkan ke-5 masalah printer offline diatas akan tetapi printer sobat masih tetap dalam keadaan offline. Bisa saja penyebabnya pada printer sobat sendiri. Kondisi printer yang sudah lama dan atau kualitas Hadwere Printer yang kurang baik dapat menjadi penyebab printer offline dan printer tidak merespon
Cara mengatasinya jika printer sobat sudah tua dan sudah lama digunakan sebaiknya sobat perlu mengganti printer sobat yang baru, karena apabila diperbaiki akan memakan biaya yang cukup tinggi.

Sekian artikel 6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Terus yang dapat admin jalan-merdeka.blogspot.com bagikan semoga bermanfaat .



0 Response to "6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Offline Terus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel