6 Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Ngprint Bergaris

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Ngprint Bergaris

cara memperbaiki tinta printer bergaris-garis -Pada saat ini banyak sudah dari kita yang memiliki alat atau mesin cetak yang sering disebut printer. Maksud dari printer adalah alat pelengkap monitor ( computer ) untuk mencetak dokumen, gambar dll yang diprintahkan oleh computer itu sendiri.
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Ngprint Bergaris

Printer pada saat sekarang sudah menjadi kebutuhan terutama untuk perusahaan, pekerja kantoran, mahasisswa. Karena fungsi dan manfaat printer yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi.

Akan tetapi kelemahan atau penyakit printer sering kita jumpai saat digunakan baik printer canon, printer Epson, atu printer Hp. Untuk itu sebelum sobat membeli alat cetak atau printer terlebih dahulu sobat mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap merek printer.Baca : Kelebihan Dan Kekurangan Printer Merek Canon Epson Hp

Pada kesempatan kali ini, admin Jalan-merdeka.blogspot.com akan memberikan imformasi mengenai cara mengatasi hasil print putus putus dan solusinya. Seperti yang kita ketahui masalah paling menyebalkan ketika menggunakan printer adalah hasil print atau cetakan yang bergaris tidak sesuai keinginan. 

Kenapa Hasil cetak printer bergaris ?? 

cara mengatasi hasil print garis tidak lurus Tentu ada beberapa penyebabnya, silahkan sobat simak dan pelajari supanya sobat tidak kebingungan lagi ketika menemukan masalah/penyakit printer hasil ngprint atau cetakan bergaris.  

1. Selang Infus dan catridge yang mengalami masalah rusak

Inilah penyebab paling sering terjadi pada printer yang hasilnya bergaris, masalah pada bagian selang tinta atau selang saluran tinta pada catridge. Biasaya pada selang ini sering kali ternjadi pengendapan udara, yang mengakibatkan aliran tinta tidak full dan terputus-putus. Inilah yang mengakibatkan keluanya tinta pada catridge tidak optimal untuk mencetak atu ngprint dan hasinya bergaris.

Bagaimana cara memperbaiki tinta printer infus yang putus-putus ??
Cara mengatasi masalah ini adalah dibutuhkan ketelitian dan kesabaran karena prinsipnya sama saja seperti kita akan membuang udara pada selang air. Yaitu dengan cara mengeluarkan tinta dengan manual. Memang agak terlalu sulit jika baru-baru melakukannya. Akan tetapi jika udara yang terperangkap pada selang infus tinta printer sobat berhasil dikeluarkan. Maka dipastika printer sobat tidak akan menghasilkan print atu cetakan tidak bergaris lagi.

2. Kualitas tinta dan catridge yang tidak mendukung printer

Kualitas tinta atau catridge yang buruk sehingga mudah mengering dan mengakibatkan sumbatan. Kita sudah menyinggung mengenai adanya udara pada selang infuse tinta yang terperangkap, yang mengakibatkan penghambatan tinta untuk mengalir ke catridge sehingga mengakibatkan hasil ngeprint menjadi bergaris. Dan bahkan menjadikan katridge sobat menjadi rusak.

Ada bebebara masalah yang bisa menyebabkan tinta printer menjadi kering sehingga menghambat penyaluran tinta ke catridge untuk melakukan percetakan :  
  •  Ketika digunakan printer selalu bahkan sering offline padahal sudah dinyalakan ( ini solusinya )
  • Saat ngeprin hasil cetakan bergaris dan buram atau kabur (ini solusinya)
  •  Cetakan tidak bergaris tapi tidak tajam kurang memuaskan (ini solusinya)
  • Catridge sering rusak, ( Ini cara ampuh mengatasi catridge bocor, dll ) 

3. Jumlah tinta pada catridge sudah mau habis

Selain masalah udara yang ada pada selang infus printer, tita yang sudah mau habis juga merupakan salah satu hal menjadi penyebab hasil nge-print atau cetakan bergaris. Tentu saja sudah tidak ada daya dan upanya untuk mencetak walaupun kertas tetap beroperasi akan tetapi hasilnya bergaris dan terpotong-potong dan bahkan mengalami blank pada printer. Terkadang juga Jumlah Tinta pada catridge sudah mau habis dapat menyebabkan printer offline. 
Baca lebih detail : 6 Cara Mengatasi Masalah Printer Offline

Solusi mudah dan tepat untuk mengatasi jumlah tinta pada catridge printer yang sudah mau habis yaitu tentu saja dengan menambahkan tinta pada catridge, bisa dengan melakukan infuse jika sobat menggunakan tinta eksternal ( luar printer ) jika sobat memiliki catridege tampa selang infuse. Sobat dapat menambah tinta dengan menggunakan suntikan. Yang perlu diingat baca peraturan untuk volume catridge sobat. Karena jika kelbihan dapat mengakibatkan kebocoran pada catridge.

4. Head catridge printer yang kotor

Bagi sobat yang menggunakan printer dengan tipe catridge, maka salah satu hal perlu anda perhatikan adalah kebersihan head catridge printer sobat.  Head catridge printer yang kotor sering kali menghambat berjalannya proses peretakan yang diakukan oleh printer. Karena masalah yang timbul seperti tema kita hasil print atau cetakan bergaris.

Solusi termudah untuk Memperbaiki Head Catridge Printer Yang Kotor adalah ya tentu dengan cara membersihkan head catridge sobat. Sehingga catridge printer sobat berfungsi secara normal yang mencegah hasil ngep-print atau cetakan sobat tidak bergaris lagi.

5. Sofwere printer Bermasalah

Seperti yang kita ketahui pada saat sekarang kebayakan printer melakukan sofwere dalam mngoperasiknnya. Sofwere yang berupa driver ini berfungsi untuk melakukan manajemen pada printer. Dan mengistal printer pada computer atau laptop sobat. Ketika terjadi masalah pada sofwere yang mengakibatkan printer menjadi ofline. Hal ini mengakibatkan hasil cetakan sobat bergaris-garis.

Cara mudah mengatasi sofwere printer bermasalah sobat bisa melakukan reinstall pada driver. Dan melakukan manajemen pada printer sobat menggunakan sofwere tersebut secara berkala tentu untuk memaksimalkan kinerja dari printer tersebut.

6. Terahir Kebersihan pada printer sobat sendiri


Banyak dari kita menggunakan alat atau mesin hanya dapat memanfatkan fungsinya saja, tidak pernah menjaga atau merawatnya. Dan ketika rusak atau ada masalah disanalah tempat penyesalan dan kebingunan melanda. Oleh karena itu pastikan printer sobat tetap bersih dan terjaga dari debu teritama. Supaya fungsi dan kekuatannya tetap terjaga.


dengan sudah mengetahui 6 Cara Mengatasi Penyebab Hasil Ngprint Bergaris Semoga sobat dapat menyelesaikan masalah mencetak dokumen pada printer. semoga berhasil





0 Response to "6 Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Ngprint Bergaris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel